Disabilitas Harus ‘Melek’ Teknologi dan Manfaatkan Internet

Ilustrasi Penyandang Disabilitas lagi main internet (foto/istimewa)
Ilustrasi Penyandang Disabilitas lagi main internet (foto/istimewa)

Medianesia.id, Batam – Disela-sela Diskusi Inklusi Digital 2021 Nusantara Ramah Digital Batam yang digelar secara daring, dengan mengusung tema ‘Indonesia Digital Ramah Disabilitas’ pada Jumat (26/3/2021), Wakil Sekertaris Jendral PP WCP, Tatiek Prasetyawatie Hoedi menegaskan bahwa di era digital saat ini semua orang harus memiliki gagasan dalam hidupnya, terutama masyarakat yang penyandang disabilitas.

“Kita harus punya persiapan dan punya mimpi. Itu akan membangun semangat kita, punya usaha harus punya tabungan dan kita juga harus punya impian,” ungkapnya.

Namun, sebelum membuka usaha diharapkan terlebih dahulu harus bisa meniatkan diri sendiri. Selain itu juga, setiap manusia pasti diberikan kelebihan atau keahlian masing-masing.

“Kita harus bisa motivasi diri sendiri. Kaji apa kelebihan diri sendiri. Khususnya apakah bisa bermanfaat untuk orang lain. Latih diri kita untuk disiplin dan yang paling penting adalah, apapun keadaannya kita pasti memiliki kelebihan,” ungkapnya.

Setelahnya, harus membuat sebuah perencanaan yang sesuai dengan keahlian masing-masing. Buang rasa malas, karena waktu terus berjalan dan manfaatkan teknologi.

“Kita harus bangkit, yang tolong diri kita bukan orang lain. Melainkan diri sendiri. Jangan takut gagal, semua orang pasti pernah gagal, anggap saja kegagalan itu ialah kesuksesan yang tertunda dan terus mencoba,” paparnya.