Deretan Makanan Berkuah Cocok Disantap saat Cuaca Dingin

Mie Kuah (foto/istimewa)

Medianesia.id, Batam – Cuaca dingin dan berangin selama musim penghujan di Tanah Air membuat masyarakat rentan sakit. Alhasil mengonsumsi makanan hangat agar suhu tubuh tetap terjaga sangat disarankan.

Biasanya makanan berkuah yang gurih dan lezat menjadi pilihan menarik yang bisa dilakukan saat musim hujan.

Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/10/2020), berikut deretan makanan berkuah yang cocok dikonsumsi saat cuaca dingin atau sedang musim hujan.

  1. Rawon
Ilustrasi Rawon (foto/istimewa)
Rawon (foto/istimewa)

Makanan berkuah hitam pekat khas Jawa Timur ini juga bisa menjadi pilihan santapan Anda saat musim hujan. Kluwek yang digunakan untuk memberikan warna hitam pekat pada masakan ini merupakan biji yang berasal dari tanaman kepayang.

Di balik kepekatan warnanya, kluwek mengandung zat besi dan vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai sumber anti oksidan yang bisa meningkatkan daya tahan supaya tubuh tidak rentan sakit dan terserang virus. Terlebih, kluwek memiliki sifat anti septik dan zat anti mikroba untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menawar racun.

  1. Soto

Menu yang satu ini bisa Anda jumpai di berbagai daerah di Indonesia dengan kekhasannya masing-masing. Pada dasarnya, soto dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Jahe yang dimasak dengan campuran beberapa rempah lainnya memang sangat cocok jika disantap ketika cuaca sedang dingin atau hujan.