Calon Ibu, Berikut Teknik Pernapasan untuk Mengurangi Nyeri Persalinan “Pant-pant Blow”

Ilustrasi. Photo/Istimewa
Ilustrasi. Photo/Istimewa

Medianesia.id, Batam – Bagi ibu hamil yang sedang menanti persalinan pertamanya, mungkin merasa takut, cemas, atau gelisah karena membayangkan rasa nyeri tak tertahankan yang akan dilewatinya nanti.

Namun, rasa nyeri ini gak sebanding dengan kebahagiaan saat melihat Buah Hati lahir ke dunia dengan selamat. Iya, kan? Buat Bumil yang udah pernah melahirkan sebelumnya, mungkin bisa, nih, berbagi pengalamannya di kolom komentar:)

Nah, nyeri persalinan umumnya memang gak bisa dihindari, tapi bisa dikurangi dengan mengatur pernapasan. Salah satunya, dengan teknik “Pant-pant Blow” seperti yang sudah disebutkan pada gambar.

Selain membantu mengurangi nyeri persalinan, melakukan teknik pernapasan yang benar juga bisa memaksimalkan pasokan oksigen untuk Bumil dan janin, merelaksasi otot-otot, menenangkan pikiran, serta memudahkan proses persalinan.

Baca Juga  Divaksinasi Sinovac, Ketua DPRD Batam: Salah Satu Cara Pencegahan Sekaligus Memulihkan Perekonomian

Kenapa memudahkan proses persalinan? Soalnya, kalau Bumil merasa cemas hingga panik, Bumil bisa mengalami hiperventilasi, yaitu kondisi saat seseorang mulai bernapas terlalu cepat. Kondisi ini menyebabkan karbon dioksida dalam tubuh menurun, sehingga Bumil bisa merasa pusing, bahkan pingsan.

Lalu, mengingat proses persalinan normal membutuhkan waktu yang cukup panjang, mengontrol pernapasan juga akan membantu Bumil untuk menghemat energi sampai Si Kecil lahir ke dunia.

Selain pant-pant blow, masih ada beberapa teknik pernapasan lain, lho, yang bisa membantu mengurangi nyeri persalinan.(**/rika)

Source: Instagram @alodokter_id