oleh

Buka Puasa yang Sehat dan Menyegarkan, Berikut Tips Menu dan Cara Makan Terbaik

Medianesia.id, Tanjungpinang – Bulan Ramadhan merupakan momen spiritual yang dinanti umat Islam. Di bulan ini, umat Islam berpuasa dari fajar hingga terbenamnya matahari. Momen buka puasa pun menjadi waktu yang dinanti-nanti.

Namun, tahukah anda cara berbuka puasa yang baik dapat memengaruhi kesehatan dan kelancaran ibadah di hari berikutnya? Berikut tips berbuka puasa yang sehat dan menyegarkan berdasarkan referensi terpercaya:

  1. Awali dengan yang Ringan dan Segar

Hindari langsung menyantap makanan berat saat berbuka puasa. Sebaiknya, mulailah dengan makanan ringan dan menyegarkan seperti kurma, buah-buahan, atau kolak pisang tanpa santan.

  1. Perhatikan Asupan Cairan

Tubuh kehilangan banyak cairan selama berpuasa. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan saat berbuka puasa. Minumlah air putih minimal 2 gelas saat berbuka untuk rehidrasi.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Pilihlah makanan bergizi seimbang saat berbuka puasa untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi tubuh. Pastikan menu buka puasa Anda mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

  1. Hindari Makanan Berlemak dan Manis Berlebihan

Hindari makanan berlemak dan manis berlebihan saat berbuka puasa. Makanan berlemak dapat menyebabkan pencernaan terganggu, sedangkan makanan manis berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *