Buah Delima (Pomegranate) Yang Kaya Akan Antioksidan

Medianesia.id, Batam – Nesianism, pomegranate atau buah delima mungkin jarang dikonsumsi langsung layaknya buah jeruk, pepaya, atau semangka. Buah ini justru lebih sering dijadikan bahan skin care, khususnya sheet mask. Meski sering dijadikan bahan dalam produk kecantikan, ternyata tak banyak yang tahu soal manfaat masker buah delima untuk kulit wajah lho Nesianism.

Untuk itu, dalam artikel ini Nesianism akan memahami soal khasiat si “mutiara merah” supaya semakin tertarik menggunakan skin care berbahan pomegranate. Lalu, turut mengonsumsinya secara langsung dengan dijadikan campuran yoghurt atau oatmeal!

Photo/Orami Parenting

Adapun manfaat pomegranate untuk kulit tubuh dan wajah, antara lain seperti berikut ini.

Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Photo/Portal Wanita Muda

Bukan cuma lidah buaya yang bisa mengatasi kulit terbakar sinar matahari, buah delima pun mampu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet.

Jika warna kulit tak rata, muncul bercak, kemerahan, dan bintik hitam, maka Nesianism bias aplikasikan gel, losion, atau masker berbahan dasar buah delima. Dilansir dari AG Nutrition, kalau ingin hasil maksimal, sembari melakukan treatment topikal pada kulit yang terbakar, Nesianism konsumsi juga segelas jus pomegranate.

1. Mencegah Munculnya Garis Halus atau Keriput

Photo/Istimewa

Asam ellagic yang ditemukan dalam buah delima dapat membantu mengurangi jumlah keriput yang berkembang di kulit. Khususnya, akibat paparan radiasi UVB. Bonusnya, minyak biji delima mengandung asam punicic (sejenis asam lemak) yang membantu mengunci kelembapan di kulit Nesianism.

Baca Juga  Puluhan Anggota DPRD Batam Terima Vaksinasi Covid-19

Makin lembap kulit wajah, makin rendah risiko Nesianism punya keriput di usia muda! Untuk merasakan manfaat anti-aging ini, Nesianism bisa menuangkan beberapa tetes minyak delima ke krim atau pelembap yang biasa digunakan.

Jangan lupa konsumsi langsung buah delima agar nutrisinya membantu kulit dari dalam. Bila terlalu asam, campurkan ke dalam oatmeal dan tuang madu, ya Nesianism!

2. Mencerahkan Kulit alias Bikin Glowing!

Sepertinya, apapun warna kulit yang dimiliki Nesianism, tak akan ada yang menolak efek glowing pada kulit. Bersyukurlah bahwa pomegranate punya banyak vitamin C, sehingga bikin kulit Nesianism lebih berseri dan sehat apabila mengkonsumsinya.

Photo/Beautynesia

Demi mendapatkan efek glowing, giling biji pomegranate dan jadikan sebagai eksfoliator alami. Aplikasikan dua kali seminggu agar sel kulit mati tak menumpuk.

Baca Juga  Ter-Update! Harga Emas Antam Naik Rp 5.000, ini Rincian Harganya

3. Melembapkan Kulit, tapi Tak Bikin Berminyak

Photo/Istimewa

Bagi Nesianism yang ingin punya kulit normal alias tidak kering dan tak terlalu berminyak, bersahabatlah dengan buah yang satu ini. Asam punicat dan asam oleat dalam delima dapat memperbaiki kondisi kulit dan mengembalikan kelembapan alami wajah.

Jangan khawatir kulit Nesianism akan ekstra berminyak dan bikin jerawatan. Pomegranate akan mengembalikan kelembapan yang hilang, bukan menambah minyak. Pada kulit normal, maka itu bisa memelihara kelembapan yang sudah ada.

4. Membantu Melawan Jerawat

Orang yang jerawatan biasanya memiliki sebum berlebih, entah itu karena masalah hormonal atau pencernaan. Nah Nesianism, sebuah penelitian melaporkan jerawat juga bisa disebabkan oleh oksidasi komponen tertentu dari sebum sehingga menarik bakteri.

Rendahnya kadar vitamin C, A, E, dan antioksidan di dalam darah dikaitkan pula dengan timbulnya jerawat. Menurut Healthline, mengonsumsi buah delima dapat meningkatkan kadar antioksidan, vitamin C, dan E, sehingga dapat mencegah jerawat.

Photo/Istimewa

Delima mengandung vitamin C sebanyak 48% dan vitamin E sebanyak 11% dari nilai harian nih Nesianism. Apabila masalah pencernaanlah yang jadi “biang kerok” jerawat, minum jus delima juga bisa mendetoksifikasi hati serta memelihara kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Baca Juga  Ketua Komisi III DPRD Kepri Apresiasi Kinerja Tim Gabungan dalam Mengatasi Kebakaran Hutan

Namun, ada hal yang perlu diingat para Nesianism. Dokter Nadia Octavia dari KlikDokter menyarankan jangan minum jus pomegranate kalau sedang mengonsumsi obat anti-konvulsan, hipertensi, anti-koagulan, atau kolesterol. Ini karena bisa menimbulkan efek samping.

5. Membantu Penyembuhan Eksim dan Psoriasis

Photo/Hello Sehat

Mereka yang punya masalah kulit tersebut harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Karena itulah buah delima dapat dijadikan salah satu opsinya.

Bahkan nih Nesianism, sebuah penelitian menemukan, ekstrak buah delima mengandung antioksidan tertentu yang dapat menekan sel mast (sejenis sel darah putih) dan mampu mencegah peradangan.

Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, Nesianism tak perlu konsumsi buah delima secara berlebihan, ya! Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

6. Mencegah Kanker Kulit

Photo/Klik Dokter

Nesianism, jus buah delima dianggap sebagai jus buah tersehat berkat simpanan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan tinggi dapat membantu melindungi tubuh dari racun, karsinogen, dan peradangan.

Sudah ada penelitian yang telah menunjukkan bahwa minyak biji delima berimbas positif terhadap pemeliharaan kulit, khususnya untuk mencegah kanker kulit. (*/Tarina)

Source : Klik Dokter