Bio Farma Mulai Distribusikan Vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Kepri

Ilustrasi AzstaZeneca. foto/istimewa
Ilustrasi AzstaZeneca. foto/istimewa

Medianesia.id, Jakarta – PT Bio Farma (Persero) sudah mulai mendistribusikan vaksin covid-19 buatan AstraZeneca ke tiga Provinsi di wilayah Indonesia. Di antaranya, DKI Jakarta, Kepulauan Riau dan Sulawesi Utara pada Senin (22/3/2021).

Distribusi ini menyusul kiriman farmasi BUMN tersebut ke tiga provinsi terdahulunya, yakni Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur pada Sabtu (20/3/2021) lalu.

Sekretaris Perusahaan Bio Farma Bambang Hariyanto Iwan Setiawan menerangkan sebagai pelaksana pendistribusian vaksin AstraZeneca, pihaknya mengikuti arahan dari Kementerian Kesehatan, meliputi provinsi tujuan, jumlah vial (dosis) yang didistribusikan, serta waktu pengirimannya.

“Distribusi pertama vaksin ini dilaksanakan pada Sabtu (20/3) lalu. Untuk Jawa Timur sebanyak 45 ribu vial, Bali dan NTT masing-masing sebanyak 5.000 vial,” imbuh dia dalam keterangan tertulis.

Selanjutnya, distribusi dilakukan ke DKI Jakarta, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Utara masing-masing sebanyak 5.000 vial.

Sebagai informasi, vaksin AstraZeneca adalah hasil kerja sama multilateral antara pemerintah dengan Covax atau GAVI.

Vaksin tiba di Indonesia pada 8 Maret 2021 dan telah didistribusikan ke beberapa provinsi pada akhir pekan lalu.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Nadia Siti mengungkapkan sudah mulai dilakukan proses distribusi ke enam provinsi.