Beberapa Pantai tersembunyi di Lampung yang menyimpan banyak keajaiban

Medianesia.id, Batam – Pesona pantai di Lampung memang baru mulai bergaung. Padahal bisa dibilang, seluruh pesisir pantai selatan Pulau Sumatera berada di Lampung. Begitu pula dengan sebagian pantai pesisir barat yang menghadap langsung Samudera Hindia.


Maka jangan heran kalau sebenarnya Lampung menyimpan banyak potensi pantai cantik dan menawan. Terbukti beberapa pantai kini dengan cepat naik daun dan namanya mulai dikenal di kalangan turis domestik dan mancanegara.

Photo/Istimewa

Ternyata pantai-pantai yang terdapat di Lampung memang memiliki berbagai keunikan, mulai dari gugusan karang hasil mahakarya alam, habitat lumba-lumba, hingga air mendidih yang menyembur di pinggir pantai. Nah, apapun tujuan Anda ke pantai: berenang, selancar, menambah koleksi foto di Instagram, atau sekadar melepas penat, semua bisa diwujudkan di pantai-pantai ini.

  1. Keindahan surga tersembunyi bawah laut: Pulau Pahawan
Photo/Blog Jadipergi

Inilah surganya snorkeling di Lampung. Keceriaan Anda di sini dimulai saat menaiki perahu dari dermaga di Pulau Sumatera. Tiga pulau indah sudah menanti Anda, Pulau Pahawang Besar, Pulau Pahawang Kecil, dan Pulau Kelagian.

Pulau Pahawang Besar adalah tujuan utama bagi para pecinta snorkeling. Keindahan bawah lautnya sangat alami dan bersih. Banyak ikan-ikan cantik berseliweran sambil menyapa Anda di sini. Kalau ingin bersantai di pantai menikmati pasir putih dan jernihnya air laut yang sejuk, Pulau Pahawang Kecil-lah tempatnya. Pulau ini juga memiliki hutan bakau yang indah, yang tidak boleh dilewatkan oleh kamera Anda.

Ada hal unik di Pulau Pahawang Kecil ini lho, yaitu pasir putih yang menjorok ke tengah laut seakan ingin menggapai pulau di seberangnya. Dapatkan Anda berjalan menyusuri pasir hingga ke pulau seberang? Yuk kita datang ke sana dan temukan jawabannya.

  1. Cobalah hitung ada berapa lapis bebatuan di pantai ini?: Pantai Batu Lapis
Photo/Suara.com

Lembar demi lembar lapisan batu karang berwarna kehitaman itu tersusun rapi secara alami seolah sengaja ditata oleh manusia. Berniat mencoba menghitung ada berapa keeing batu di sana?

Baca Juga  5 Cemilan yang Baik Dimakan Usai Olahraga Menurut Ahli Gizi

Di bawahnya terhampar lautan biru berombak tenang yang indah dengan pemandangan Gunung Krakatau di kejauhan. Bagi yang ingin berenang, Anda tidak perlu khawatir, karena ada bagian pantai yang landai dengan pasir putih disertai ombak yang tenang. Selamat berbasah-basahan!

Bagi pencari suasana tenang, cobalah menyusuri pasir timbul di pantai menuju ke Pulau Mengkudu, sebuah pulau kecil tepat di depan Pantai Batu Lapis ini.

  1. Yuk piknik sambil memasak di tepi pantai: Pantai Wartawan
Photo/Pantainesia

Mau tahu pantai di mana Anda bisa menguji keahlian memasak? Pantai Wartawan-lah tempatnya. Inilah satu-satunya pantai yang menyediakan “kompor alam” gratis untuk memasak bekal piknik Anda.

Bibir pantai ini dipenuhi belasan kolam air panas. Merebus telur, atau mungkin ikan segar? Menyeduh kopi agar pikiran menjadi lebih relaks. Gunakan saja salah satu sumber air panas itu. Oh ya, karena airnya panas hingga mendidih, jangan coba-coba berendam di sana ya!

Harap diperhatikan bahwa kolam air panas ini hanya dapat dikunjungi pada pagi dan sore hari, saat air laut sedang surut.
Tapi bukan berarti pantainya tidak menarik lho. Pasir putih halus dan ombak yang tenang, ditambah keindahan Gunung Krakatau yang menjulang di kejauhan akan bersaing dengan kolam air panas unik untuk menarik perhatian Anda.
Bagi pecinta trekking, pergilah ke Bukit Botak dan pintu Goa Wartawan untuk menikmati indahnya lukisan alam Pantai Wartawan.

  1. Menari bersama lumba-lumba di tengah birunya laut: Teluk Kiluan
Photo/Balipost.com

Sudah siap untuk bertamu ke rumah si lumba-lumba? Yuk kita datang ke Teluk Kiluan. Di saat fajar Anda bisa menari bersama ratusa lumba-lumba yang berkeliaran di laut lepas.

Baca Juga  KPK Geledah Rumah Pejabat Bintan di Batam

Anda perlu menyewa jukung (semacam perahu kecil panjang) ke arena pertunjukan lumba-lumba di lepas pantai. Di sini, para lumba-lumba yang ramah siap menyambut dan menari bersama Anda. Jangan lupa siapkan kamera kedap air dan klik!
Setelah bertamu, tidak ada salahnya manjakan mata Anda dengan keindahan alam bawah laut dengan ber-snorkeling ria, atau sekadar bermain air di pasir Pulau Kelapa yang indah.

Oh iya, tempat lain yang layak untuk dikunjungi adalah Laguna Gayau, sebuah kolam renang alami di tepi pantai. Berbeda dengan kolam renang lainnya, air kolam renang ini berasal dari air laut yang melewati celah dinding karang dan tertahan di daratan.

  1. Berburu foto panorama di Halong Bay-nya Lampung: Pantai Gigi Hiu
Photo/Istimewa

Sudah tahu keindahan Halong Bay? Tahukah Anda kalau ada pantai di Lampung yang juga menyuguhkan keindahan yang serupa? Batu kapur menjulang menyerupai barisan gigi hiu dan deburan ombak yang menerpa di bawahnya tidak akan membuat Anda bosan berada di sini.

Gugusan karang ini bahkan ada yang tingginya mencapai 10 meter, lho! Dan pemandangan saat matahari berwarna kemerahan menerangi gugusan karang, luar biasa!

Sayangnya pengunjung tidak disarankan untuk berenang atau menyelam karena cukup berbahaya. Tapi tenang saja, pemandangan pantai ini akan memuaskan mata (dan mungkin hasrat selfie) Anda. Masih ingin berenang? Lokasinya ‘kan dekat dengan Teluk Kiluan.

  1. Kunjungi beragam keunikan di perairan Teluk Lampung: Pantai Sari Ringgung
Photo/NativeIndonesia.com

Letaknya yang berada di dalam Teluk Lampung membuat pantai ini sangat cocok untuk berenang dan bermain air, karena ombaknya yang tenang. Pengelola pantai pun sigap menyediakan berbagai fasilitas untuk memanjakan pengunjung, ada gazebo, waterboom, sampai speedboat.

Fasilitas oke dan jaraknya yang hanya 30 menit dari Kota Bandar Lampung membuat pantai ini menjadi pilihan pas untuk liburan keluarga.

Baca Juga  Kasus Menurun, Gubernur Kepri Ingatkan Warga Tidak Lengah terhadap Covid-19

Tapi bukan berarti pantai ini membosankan lho. Ada dua hal unik yang ditawarkan pantai ini. Pertama, sewalah perahu untuk pergi ke lepas pantai. Di sini Anda akan menjumpai keramba ikan milik masyarakat setempat dan sebuah masjid terapung. Ya benar! Masjid terapung yang memang sengaja dibangun bagi para peternak ikan yang bekerja di keramba-keramba itu.
Dari masjid terapung, mari lanjutkan perjalanan ke Pasir Timbul. Pasir ini menyembul keluar dari laut dan seakan mencoba membuat pulau baru. Dari sini, layangkan mata Anda untuk melihat air biru jernih dengan lalu lalang gerombolan ikan yang jelas terlihat.

  1. Uji nyali di tengah sapuan ombak Samudera Hindia: Pantai Tanjung Setia
Photo/Istimewa

Terletak di pesisir Barat Lampung dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, pantai ini dikaruniai ombak tinggi dan panjang yang akan menggoda para peselancar di manapun mereka berada.

Ada tiga titik yang sudah terkenal di kalangan para peselancar, yaitu Ujung Bocor atau Karang Nimbor, Way Jambu, dan Jimmy. Ujung Bocor sering dianggap setara dengan Uluwatu di Bali dengan ombaknya yang dapat mencapai ketinggian 7 meter dan panjangnya mencapai 200 meter.

Pantainya sendiri berpasir putih dan terlihat bersih dan apik dengan pohon kelapa di pinggiran pantai.
Setelah beruji nyali di tengah deburan ombak Samudera Hindia, tibalah saatnya bersantai menikmati pemandangan laut lepas di kala senja berteman langit keemasan dan sang surya yang tenggelam di cakrawala.

Itulah beberapa pantai unik dan menarik di Lampung. Walaupun potensinya besar sekali, beberapa di antaranya memang baru naik daun dan belum dikelola dengan baik. Tapi hal itu tidak mengurangi daya tarik dari pantai-pantai ini kan? Kalau begitu mulailah berkemas, siapkan bekal Anda dan mari kita berlibur ke pantai! (*/Tarina)

Source : Trip Canvas