Bappenas Prediksi Laju Ekonomi Maksimal 4,8 Persen Tahun Ini

(Humas Kementerian PPN/Bappenas)

Medianesia.id, Batam – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memprediksi laju pertumbuhan ekonomi Indonesia paling mentok atau maksimal hanya 4,8 persen pada 2021. Sementara, pertumbuhan minimal berkisar 4,2 persen.

Ia mengatakan dua skenario ini muncul mempertimbangkan pencapaian dari program vaksinasi virus corona (covid-19) yang dimulai pada awal tahun ini.

Singkatnya, apabila vaksinasi bisa mencapai lebih dari 1 juta orang per hari dan target sasaran vaksin mencapai 70 juta atau 39 persen dari asumsi 181,5 juta orang selesai pada Juli 2021, maka angka pertumbuhan ekonomi 4,8 persen kemungkinan bisa digenggam.

Tapi, kalau vaksinasi harian masih di bawah 1 juta dan target sasaran vaksin 70 juta orang baru kelar pada September 2021 sesuai rencana awal, maka perkiraannya ekonomi cuma tumbuh 4,2 persen. Ini pun targetnya masih di rentang optimis, belum yang paling pesimis.

Baca Juga  BC Khusus Kepri Berkomitmen Pulihkan Ekonomi Melalui Izin PLB

“Pertumbuhan ekonomi 2021 bisa capai 4,8 persen, tapi kalau mulai September 2021 yang 39 persen tadi, maka kira-kira 4,2 persen. Itu optimismenya, tapi masih bisa di bawah 4,2 persen itu,” imbuh Suharso saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Rabu (17/3).

Kendati demikian, Suharso mengatakan pemerintah tetap mempersiapkan skenario pertumbuhan ekonomi di kisaran 5 persen seperti target yang tertuang di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).