Bahan-bahan Ampuh untuk Mengobati Telapak Kaki Pecah-Pecah

Medianesia.id, Gaya Hidup – Telapak kaki pecah-pecah umumnya disebabkan karena kaki sering terbungkus sepatu yang menyebabkan kelembaban. Sehingga, sel kulit mati yang terakumulasi pada telapak kaki dapat membuat kulit kusam dan pecah-pecah

Jangan khawatir, untuk mengobatinya kamu dapat memanfaatkan bahan herbal yang terbukti lebih aman daripada produk krim. 

Berikut 5 bahan yang bisa digunakan seperti dilansir Health Line.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal karena sifat penyembuhannya. Antioksidan dan sifat anti-inflamasi pada lidah buaya membuatnya sempurna untuk mengobati infeksi dan menghidrasi kulit.

Caranya mudah, campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya dan beberapa tetes minyak Vitamin E. Oleskan campuran ini pada area yang terkena dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air hangat. Anda dapat mengulangi obat ini 2 hingga 3 kali seminggu secara teratur selama 3 minggu untuk melihat hasilnya.

Baca Juga  Ketua Komisi III DPRD Kepri Apresiasi Kinerja Tim Gabungan dalam Mengatasi Kebakaran Hutan

2. Lemon

Lemon mengandung vitamin C dan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan melindungi kulit dari segala jenis infeksi atau peradangan. Pada saat yang sama juga meningkatkan warna kulit.

Salah satu caranya adalah dengan memeras lemon ke dalam bak yang berisi air hangat dan merendam kaki Anda di dalamnya. Rendam selama sekitar 10-15 menit dan gosok lembut dengan spon lunak dan bilas dengan air biasa. Tepuk kering dan gunakan pelembab setelahnya.

3. Gliserin

Gliserin adalah bahan lain yang membantu dalam merawat kulit yang mengelupas. Sifat hidrasinya membantu menyeimbangkan kelembapan kulit. 

Yang Anda butuhkan untuk obat ini adalah 1 sdm glycerine, 1 tbp jus lemon, 1 sdt air mawar dan 3 sendok makan garam laut. Campur semua bahan dengan baik dan gosok dengan lembut campuran ini di daerah yang terkena. Setelah beberapa menit, bersihkan dengan air dingin. Gunakan obat ini sekali setiap hari untuk hasil yang lebih baik. 

Baca Juga  Puluhan Anggota DPRD Batam Terima Vaksinasi Covid-19

4. Pisang

Pisang mengandung vitamin A, B dan C yang membantu dalam menghidrasi kulit. Hancurkan pisang matang untuk membuat pasta halus dan oleskan pada area yang sakit. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dalam air biasa. Ulangi obat ini dua kali setiap minggu.(*)