Back to Work? Terapkan 5 Tips ini untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Kerja

Medianesia.id, Batam – Pemerintah di berbagai daerah sudah mengizinkan perkantoran kembali aktif. Ini tentu memicu terjadinya klaster baru infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di lingkungan kerja, terutama wilayah perkantoran.

Melihat keadaan ini, Juru Bicara Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr Reisa Broto Astoro mengatakan, dalam kegiatan kerja di perkantoran, protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan.

Baca juga: Peneliti Ungkap Alasan Pria Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona Selain itu, standar khusus mulai dari pembatasan kapasitas jumlah karyawan sampai membuat aturan pembatasan usia karyawan yang diperbolehkan bekerja di kantor.

Foto/Istimewa

“Sebagian dari Anda mungkin sudah mulai beraktivitas kembali, seperti bekerja di kantor. Soal kesehatan kerja ini memang tidak main-main,” kata Reisa

Oleh karena itu, pengecekan suhu, pengaturan kapasitas, dan posisi di dalam lift, serta pengaturan denah ruang kerja antar karyawan yang dibuat berjarak, menjadi poin penting yang sangat perlu dilakukan di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Baca Juga  Empat Bulan Buron, Tersangka Korupsi Ini Tertangkap di Anambas

“Bahkan beberapa perusahaan juga meminta karyawan di atas (usia) 50 tahun untuk bekerja dari rumah. Hal ini penting dilakukan, mengingat kelompok tersebut terhitung berisiko tinggi jika tertular,” ujarnya.

Cara mencegah klaster kantor Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah diri sendiri dan orang di sekitar Anda terhindar dari infeksi SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di lingkungan kantor.

Foto/Istimewa
  1. Memakai masker Reisa menjelaskan, meskipun jaga jarak sudah diterapkan, jangan pernah lupa untuk selalu tertib menggunakan masker. “Sekalipun kita sangat mengenal rekan kerja yang kita temui setiap hari, itu tidak menjamin kita mengenal kondisi kesehatan mereka. Pada saat rapat atau sekedar ngobrol-ngobrol bersama dengan teman kantor, masker harus selalu digunakan,” jelasnya.
  2. Bawa bekal dari rumah Tindakan berikutnya yang dapat membantu Anda meminimalisir penularan Covid-19, membawa bekal dari rumah. “Untuk yang sudah aktif kembali bekerja, paling aman memang membawa bekal dari rumah. Tapi kalau ingin mengonsumsi makanan seperti di kantin misalnya, harus dipastikan kebersihannya,” tuturnya.
Baca Juga  39.167 Pelaku Usaha Mikro Batam Terima Bantuan Rp2,4 juta dari Pemerintah Pusat

Selain itu, baik saat makan di kantin maupun membawa bekal sendiri dari rumah, pastikan juga untuk tetap menerapkan jaga jarak aman minimal satu meter ketika sedang makan bersama teman. “Pastikan tetap jaga jarak dan tidak ngobrol dengan teman saat makan, apalagi berbagi makanan (jangan berbagi makanan),” tegasnya.

IOlustrasi Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Kerja
Foto/Istimewa
  1. Pastikan kebersihan lingkungan kerja Selain memakai masker, menjaga jarak aman dengan rekan kerja di kantor, serta memastikan kebersihan makanan yang Anda makan, baik bekal dari rumah maupun yang dibeli di kantin kantor, sebaiknya juga memastikan kebersihan lingkungan kerja selama di kantor.

Terutama benda-benda yang seringkali Anda sentuh, termasuk meja kantor, keyboard komputer, permukaan meja, permukaan kursi duduk Anda, peralatan tulis yang ditinggal di kantor, dan lain sebagainya.

Anda dapat memastikan kebersihan benda-benda tersebut dengan cara menyemprotkan antiseptik, agar permukaan benda-benda tersebut bersih dari kuman penyebab penyakit.

  1. Testing secara berkala Reisa menuturkan, penerapan kesehatan di lingkungan kerja memang sangat penting. Namun, hal ini juga bisa diiringi dengan kebijakan perusahaan terkait testing Covid-19 kepada pegawainya yang diharuskan bekerja di kantor.
Baca Juga  Begini Efek Buruk Melewatkan Istirahat Siang pada Kesehatan Tubuh
Foto/Istimewa

Perusahan bisa memberikan fasilitas rapid test atau PCR test secara berkala kepada karyawannya, dengan tujuan deteksi awal adanya indikasi infeksi Covid-19 di antara para pegawai yang diharuskan bekerja di kantor.

  1. Seimbangkan dengan prokes di rumah Selanjutnya, menurut Reisa, upaya-upaya yang dilakukan di lingkungan kerja tersebut akan lebih sempurna lagi jika disertai usaha menerapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama saat sebelum bertemu dengan anggota keluarga tercinta di rumah. “Kita harus tetap produktif, namun tetap jaga diri dan orang lain dengan disiplin protokol kesehatan. Semua ini bisa sukses dengan dukungan kita bersama,” tegasnya.(***)

Sumber: Kompas.com