Anggota Komisi III DPRD Batam Minta Lelang Pengelolaan Air Harus Profesional

nggota Komisi III DPRD Batam, Thomas Arihta Sembiring
nggota Komisi III DPRD Batam, Thomas Arihta Sembiring

Medianesia.id, Batam – Lelang pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM Batam menjadi sorotan DPRD Batam. Kali ini datang dari Anggota Komisi III DPRD Batam, Thomas Arihta Sembiring salah satunya.

Politisi PDI Perjuangan ini pun meminta agar segala referensi terhadap peserta lelang, juga dapat divalidasi dan diverifikasi secara profesional. Sehingga tidak ada unsur-unsur keberpihakan terhadap salah satu peserta lelang nantinya.

“Saya berharap dan meminta agar pelelangan ini dilakukan dengan adil tanpa adanya unsur-unsur keberpihakan. Mengingat, jika dilakukan dengan tidak benar akan menimbulkan kesan tak baik. Dan secara langsung akan berdampak pada pelayanannya ke masyarakat. Kan kasihan,” terangnya, Kamis (18/3/2021) pagi.

nggota Komisi III DPRD Batam, Thomas Arihta Sembiring
nggota Komisi III DPRD Batam, Thomas Arihta Sembiring

Ia pun meminta agar seluruh institusi hukum dan pihak terkait lainnya ikut mengawal proses lelang tersebut.

“Lelang harus dilakukan secara profesional tanpa ada pretensi-pretensi politik. Silakan institusi hukum ikut mengawas ini,” tegasnya lagi.

Pihaknya pun tidak ingin polemik yang terjadi saat ini, mulai dari ‘bengkaknya’ tagihan hingga kualitas air yang diterima masyarakat saat ini akan muncul lagi di kemudian hari.

Mengingat, keluhan itu sendiri tak hanya dirasakan oleh satu atau dua orang saja pada saat dipegang oleh pengelola air bersih di masa transisi 6 bulan ini.

Ilustrasi Air bersih
Ilustrasi Air Bersih

“Fenomena ini terjadi di setiap tempat. Hampir seluruh titik ada keluhan seperti ini. Jangan sampai kekecewaan masyarakat menyebabkan class action,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, kerja sama antara BP Batam dan PT Moya Indonesia sebagai operator pengelolaan SPAM Batam akan berakhir pada tanggal 15 Mei 2021 nanti.

Selepas itu, BP Batam akan kembali membuka lelang terhadap pengelolaan SPAM Batam kedepannya.(Iman Suryanto)