6 Cara Mengembangkan Bisnis Online untuk Memulai Bisnis Online

Medianesia.id – Pandemi Corona atau Covid-19, masyarakat semakin beralih ke internet untuk membeli barang dan jasa.

Seperti kondisi saat ini, orang-orang akan lebih memilih belanja online ketimbang keluar rumah dan pergi ke toko. Jadi, pastikan bisnismu bisa mudah dikenal orang melalui online marketing.

Dalam mengelola online marketing, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut agar bisnismu bisa mudah diketahui orang.

Berikut 6 Cara Mengembangkan Bisnis Online untuk Memulai Bisnis Online

1. Berjualan di marketplace/e-commerce

Selain media sosial, marketplace jadi tempat yang pas untuk berbisnis online. Dengan pasar yang besar dan jutaan pengguna, produkmu punya peluang besar untuk dikenal dan dibeli orang. Selain itu, gak bisa dimungkiri, cukup banyak orang yang lebih nyaman berbelanja di e-commerce karena prosesnya lebih mudah, aman, serta memiliki beragam opsi pembayaran.

Baca Juga  Ketua Komisi III DPRD Kepri Apresiasi Kinerja Tim Gabungan dalam Mengatasi Kebakaran Hutan

Kamu juga bisa menghemat budget promosi karena biasanya marketplace punya promonya sendiri yang bermanfaat untuk pembeli, seperti bebas ongkir atau potongan harga.

2. Buat media sosial yang menarik

Usahamu perlu akun media sosial tersendiri agar mudah mendatangkan calon pembeli baru. Buat akun Twitter atau Instagram bisnis tersebut sekreatif dan seinformatif mungkin bagi orang baru yang belum tau produkmu. Gunakan foto dan caption yang engaging di media sosial, serta masukkan tautan marketplace bisnismu.

3. Mulai gunakan Instagram atau Facebook ads

Perluas pasarmu dengan beriklan di media sosial. Gak ada salahnya mengeluarkan tambahan biaya untuk mencoba cara baru meningkatkan brand exposuretraffic website, atau mendatangkan pembeli baru. Instagram dan Facebook adalah platform visual, jadi bikinlah caption yang efektif dan pasang foto atau video menarik dalam beriklan.

Baca Juga  Puluhan Anggota DPRD Batam Terima Vaksinasi Covid-19
4. Tawarkan promo atau paket bundling

Siapa yang gak suka harga diskon? Baik pembeli baru atau pelanggan setia pasti akan tertarik dengan promo-promo. Sesekali kamu bisa memberikan promo buy 1 get 1 free, potongan harga di hari-hari besar, giveaway, atau promosi lainnya. Kalau produkmu cocok dengan pembelinya, dijamin kamu jadi bisa terima repeat order!