5.000 Wartawan akan Mendapatkan Vaksin Covid-19 Akhir Februari

Medianesia.id – Sebanyak 5.000 awak media akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 pada akhir Februari hingga awal Maret 2021.

Pemerintah menilai vaksinasi terhadap awak media sangat penting, karena mereka bekerja di garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat serta memberikan informasi yang benar dan tepat.

Janji dan jaminan vaksin lebih cepat ini diutarakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam Acara Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang digelar secara virtual dari Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 9 Februari 2021.

Presiden mengatakan dirinya sudah membahas dengan Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh bahwa pemerintah menyediakan kuota sebanyak 5.000 dosis vaksin untuk jurnalis di seluruh Indonesia.

Vaksinasi untuk para wartawan akan dilangsungkan pada akhir Februari hingga Maret ini. ”Tadi saya sudah bisik-bisik ke Pak M Nuh, untuk awal nanti, akhir Februari sampai awal Maret, nanti untuk awak media sudah disiapkan kira-kira 5.000 orang untuk bisa divaksin,” ujar Jokowi.

Vaksin yang akan diberikan kepada awak media adalah Coronavac dari Sinovac yang saat ini sedang diolah oleh PT Biofarma sebanyak 12 juta bahan baku. ”Ini termasuk pertama nanti keluar dari Bio Farma sebanyak 12 juta (dosis). Diberikan kepada 5.000 awak media,” ujar Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, saat ini vaksinasi yang sedang berjalan lebih difokuskan untuk tenaga kesehatan dan para pelayan masyarakat, termasuk pedagang pasar. Mereka menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat (*)